tulisan berjalan

Selamat Datang di Kumpulan chord gitar Noah dan Peterpan, & juga band-band lainnya

Labels

Minggu, 03 Maret 2013

Keindahan Cagar Alam Morowali


Keindahan Cagar Alam Morowali
     Berbagai tujuan wisata dapat Anda nikmati di Indonesia, tidak hanya ke pantai atau tempat-tempat bersejarah saja. Tidak kalah pentingnya, kekayaan cagar alam di Indonesia juga bisa Anda nikmati sebagai bagian dari tujuan wisata. Salah satunya, Cagar Alam di Morowali, Sulawesi Tengah.


     Cagar Alam Morowali, bisa menjadi salah satu pilihan tujuan wisata yang tepat karena menyediakan berbagai macam potensi. Sebagai kawasan cagar alam, Morowali memiliki berbagai potensi seperti tipe ekosistem yang lengkap dari tipe hutan pantai sampai tipe hutan pegunungan.

     Keindahan alam kawasan ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan, penelitian dan pariwisata. Bagi wisatawan dan petualang yang menyenangi kegiatan jalan jauh, mendaki gunung dan panorama hutan hujan di Morowali menjadi tantangan tersendiri.

    Budaya suku Wana yang mendiami kawasan ini dengan kebiasaan berburu dan berladang berpindah-pindah dengan berbagai ritual turun temurun yang mereka yakini telah menarik minat para antropolog dunia.

      Cagar Alam Morowali mempunyai nilai pelestarian yang tinggi sebab daerah ini merupakan salah satu daerah terluas yang masih ada dan merupakan daerah hutan hujan dataran rendah alluvial di Sulawesi.

      Cagar Alam Morowali juga kaya dengan berbagai macam jenis flora dan fauna. Berbagai flora yang terdapat di cagaralam Morowali, diantaranya Hutan Mangrove, Hutan Aluvial, Hutan Lumut, dan Hutan Pegunungan. Sedangkan untuk berbagai jenis fauna, diantaranya, Mamalia (babirusa, kera, kus-kus), Burung (maleo, elang putih, belibis), Reptile (ular sanca, ular hijau, ular rumput), biawak dan kura-kura juga ada dalam kawasan ini.

     Akses menuju cagar alam Morowali dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Dari Palu menuju Poso dapat ditempuh selama 6 jam dengan mobil/ motor (kurang lebih 210 km) dilanjutkan dengan mobil/ motor ke Kolonodale (kurang lebih 230 km) selama 7 jam. Dari Kolonodale menuju Baturube memakai angkutan air/ speed boat kurang lebih 3 jam.

        Perjalanan juga bisa ditempuh dengan pesawat dari Palu menuju Poso selama 20 menit, Poso-Kolonodale dengan mobil/ motor 7 jam selanjutnya dari Kolonodale menuju Cagar Alam Morowali (Baturube) memakai speed boat 3 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List